Tutrial komputer,trik dan tips mengenai komputer dan laptop

Saturday, June 29, 2013

Mengetahui Perbedaan Harddisk

Mengetahui Perbedaan Harddisk


Mengetahui Perbedaan Harddisk

Hardisk yaitu di antara komponen terutama di computer, karenanya anda mesti bisa mengetahui jenis hardisk yang sesuai dengan kondisi computer.

1. Ide 
Ide ( integrated drive electronics ) merupakan standar interface pada bus data motherboard computer dengan disk storage. ide interface di bikin menurut ibm pc industry standard architecture ( isa ) 16-bit bus. interface dari ide yaitu interface untuk storage devices yang bisa teringrasi untuk disk atau cd-rom drive. meskipun ide merupakan teknologi yang umum, umumnya orang menggunakan arti ide untuk mengacu pada spesifikasi ata. namun ahci ( advance host controller interface ) merupakan mekanisme hardware yang membolehkan software untuk berkomunikasi dengan sata layaknya host bus adapter yang didesain untuk hot-plugin serta native command queuing( ncq ) yang bisa menaikan kekuatan komputer/sistem/hard disk terlebih dalam lingkungan multi tasking lewat cara membolehkan drive untuk menggerakkan perintah baca catat yang dikirim dengan acak dengan tujuan untuk optimalisasi perpindahan head pada sistem pembacaan. ahci sudah didukung oleh beragam sistem operasi layaknya windows vista serta linux kernel 2. 6. 19.

2. Ata 
Umumnya jenis drive yang dipakai oleh beberapa pengguna computer yaitu jenis ata ( dikenal dengan ide drive ). jenis ata di bikin menurut standart tahun 1986 gunakan 16 bit paralel serta terus berkembang dengan menambahkan kecepatan transfer serta ukuran sesuatu disk. standart paling akhir yaitu ata-7 yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh komite t13( komite yang bertanggung jawab memastikan standart ata ). jenis ata-7 mempunyai data transfer sebesar 133 mb/sec. lantas sepanjang tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel ata yang mempunyai data rate sebesar 133 mb/sec, namun paralel ata ada banyak problem perihal singnal timin, emi( electromognetic interference ) serta intergitas data. lantas beberapa industri berupaya merampungkan problem yang di timbulkan oleh paralel ata serta di bikin standar baru yang di sebut serial ata ( sata )
ata ( advanced technology attachment ) menggunakan 16 bit paralel dipakai untuk mengontrol peralatan computer, serta sudah di gunakan sepanjang 18 tahun lebih sebagai standar. perbedaan sata serta ata yang sangat mudah yaitu kabel data serta power yang tidak sama.
standar ata, layaknya 200gb western digital jenis, memiliki dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data serta memerlukan 5v untuk tiap-tiap pin dari 4 pin connection. namun sata layaknya 120 gb western digital jenis memiliki lebar 1/2 inci, 7 connector data connection hingga lebih tidak tebal serta mudah untuk mengatur kebel datanya. kabel data sata memiliki panjang optimal mtr. ( 39. 37 inci ) lebih panjang dari ata yang cuma 18 inci.

3. Sata 
Sata dengan 15 pin kabel power dengan 250 mv, tampaknya membutuhkan daya semakin banyak dibandingkan dengan 4 pin ata, namun dalam kenyataanya sama juga. serta kekuatan sata yang sangat bagus yaitu tercapainya maximum bandwith yang barangkali yakni sebesar 150 mb/sec
keuntungan lainya dari sata yaitu sata di bikin dengan kekuatan hot-swap sehinga bisa mematikan serta menyalakan tanpa lakukan shut down pada sistem computer.
namun dalam harga, drive sata lebih mahal sedikit dibandingkan drive ata, kesimpulanya sata lebih mempunyai keuntungan dibanding ata dalam connector, tenaga, serta yang sangat penting performanya. saat ini standar ata sudah mulai di tinggalkan serta produsen menentukan standart sata.

Mengetahui Perbedaan Harddisk

Mengetahui Perbedaan Harddisk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment